Kompas.com - 05/06/2014, 19:40 WIB
EditorEgidius Patnistik
KOMPAS.com — Pemerintah Israel sudah mengumumkan rencana untuk membangun 1.500 rumah baru di kawasan pendudukan Jerusalem dan Tepi Barat. Keputusan itu dikaitkan dengan pembentukan pemerintahan Palestina bersatu, yang menggabungkan faksi Fatah dan Hamas.

Menteri Perumahan Israel Uri Ariel menyatakan, langkah tersebut sebagai "tanggapan atas pembentukan pemerintah teror Palestina".

"Saya yakin tender ini hanya awal saja," tambahnya dalam pernyataan yang dilaporkan berbagai media.

Tender sudah diumumkan untuk pembangunan sekitar 900 rumah di Tepi Barat dan 560 unit di Jerusalem Timur, kawasan yang direbut Israel dalam perang tahun 1967.

Pemenang tender masih membutuhkan persetujuan akhir pemerintah sebelum pembangunan bisa dimulai.

Perunding Palestina, Saeb Erekat, mengatakan bahwa pengumuman pembangunan merupakan pertanda yang jelas bahwa Israel menuju ke arah eskalasi besar-besaran.

Upaya terbaru Amerika Serikat tidak berhasil membawa Israel dan Palestina mencapai kesepakatan karena Israel menolak membebaskan warga Palestina yang ditahan dalam waktu panjang.

Sementara itu, Palestina menegaskan bahwa Israel harus membebaskan para tahanan Palestina dan membekukan pembangunan permukiman selama tiga bulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.