Kompas.com - 05/06/2014, 09:59 WIB
EditorErvan Hardoko
BANGKOK, KOMPAS.com — Junta militer Thailand mulai melakukan reshuffle secara sistematis untuk memberangus kekuasaan para pejabat yang setia kepada keluarga Thaksin Shinawatra.

Junta militer sudah mencopot 13 gubernur, terutama dari wilayah utara dan timur laut Thailand yang pro-Thaksin. Demikian pernyataan Dewan Perdamaian dan Keteraturan Nasional (NCPO).

Tak hanya pejabat politik sipil saya yang digeser, junta militer juga "mengacak-acak" struktur kepolisian yang sejak lama dianggap sebagai basis pendukung Thaksin dan Yingluck Shinawatra.

Thaksin pernah menjadi polisi selama 13 tahun sebelum mengundurkan diri untuk mulai berbisnis.

Setidaknya 17 perwira polisi dicopot selama sepekan terakhir, termasuk pemimpin Departemen Investigasi Khusus (DSI), sebuah organisasi semacam FBI, Tarit Pengdith.

Thaksin sendiri digulingkan dari jabatannya sebagai perdana menteri lewat kudeta militer pada 2006. Saat itu pemerintah militer mengamandemen konstitusi dalam upaya untuk membatasi pengaruh politik Thaksin.

Namun, pada 2011, adik perempuan Thaksin, Yingluck Shinawatra, memenangkan pemilu dan menjadi perdana menteri.

Kali ini, militer tampaknya akan memastikan bahwa Thaksin dan keluarganya tak akan kembali ke kancah politik.

"Mereka (militer) akan mengakhiri apa yang mereka mulai pada 2006. Mereka juga akan membuat para loyalis Thaksin sulit untuk kembali ke kancah politik," kata Kan Yuenyong, pengamat politik dari Unit Intelijen Siam.

Militer sudah menahan banyak orang dari kedua pihak yang berseteru, tetapi jumlah aktivis pro-Thaksin yang ditahan jauh lebih banyak. Militer juga telah menutup radio pro-Thaksin, dan menutup rekening bank beberapa dari mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.