Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Desak Sekutu Eropa Tingkatkan Belanja Pertahanan

Kompas.com - 03/06/2014, 19:36 WIB
WARSAWA, KOMPAS.COM - Presiden AS, Barack Obama, mengatakan kepada para sekutunya di Eropa, Selasa (3/6/2014), bahwa mereka punya tanggung jawab untuk meningkatkan belanja pertahanan sebagai imbalan untuk perlindungan AS di tengah ketidakstabilan baru di Eropa.

"Kami telah melihat penurunan terus-menerus, yang harus berubah," kata Obama. Ia menyesalkan pemotongan anggaran militer di Eropa pada era penghematan ekonomi.

Obama mengatakan bahwa dengan beberapa pengecualian, termasuk Polandia, negara-negara Eropa belum semuanya bekerja keras dalam aliansi itu, sebuah fakta yang menjadi tampak dengan adanya sengketa Timur-Barat atas Ukraina.

"Mereka mengharapkan keanggotaan penuh ketika itu terkait dengan pertahanan mereka, itu berarti mereka juga harus memberikan kontribusi yang sepadan dengan mendapat keanggotaan penuh," kata Obama pada konferensi pers di Warsawa.

Obama mengatakan, sekutu NATO merupakan landasan bagi keamanan AS. "Namun kami tidak bisa melakukannya sendiri," katanya. "Kami harus memastikan semua pihak yang merupakan anggota penuh NATO memiliki tanggung jawab penuh."

Obama berbicara dalam sebuah konferensi pers bersama Presiden Polandia Bronislaw Komorowski yang mengumumkan bahwa dalam pengenalan tentang lingkungan keamanan baru menyusul aneksasi Rusia terhadap Crimea, pemerintahnya akan meningkatkan belanja pertahanan menjadi 2,0 persen dari PDB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com