Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemberontak Tembak Helikopter Ukraina, 11 Prajurit dan 1 Jenderal Tewas

Kompas.com - 29/05/2014, 21:01 WIB
KIEV, KOMPAS.com - Milisi pro-rusia menembak jatuh sebuah helikopter militer Ukraina, Kamis (29/5/2014), menewaskan 12 prajurit dan satu orang jenderal.

Insiden ini merupakan kerugian terbesar yang diderita Kiev selama tujuh pekan digelarnya operasi militer untuk mematahkan pemberontakan di wilayah timur Ukraina.

"Saya baru mendapatkan informasi bahwa di dekat kota Slavyanks, teroris yang menggunakan sistem pertahanan portabel buatan Rusia, menembak jatuh helikopter kita," kata Penjabat Presiden Oleksandr Turchynov di parlemen.

Awalnya, Turchynov mengatakan 13 prajurit dan Jenderal Volodymyr Kulchytskiy tewas. Namun pejabat keamanan meralat jumlah itu menjadi hanya 12 orang tewas.

Kesuksesan pemberontak ini merupakan pukulan telak pertama untuk Petro Poroshenko yang baru terpilih menjadi presiden Ukraina.

Padahal, pengusaha coklat itu berulang kali menjanjikan segera mengakhiri konflik yang mengancam keutuhan negara bekas Uni Soviet itu.

Jumlah korban yang tewas pada Kamis ini adalah yang tertinggi dialami Ukraina, sejak 22 Mei lalu ketika 18 prajurit Ukraina tewas dalam baku tembak di Donetsk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com