Kompas.com - 27/05/2014, 09:16 WIB
EditorPalupi Annisa Auliani

ROMA, KOMPAS.com -- Paus Fransiskus, Senin (26/5/2014), menyatakan, Presiden Israel Shimon Peres dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas punya keberanian dengan menerima undangannya datang ke Vatikan untuk berdoa bersamanya.

"Abbas dan Peres punya keberanian untuk bergerak maju," kata Fransiskus kepada para wartawan dalam penerbangan pulang dari lawatan ke Timur Tengah. Paus membuat beberapa kejutan untuk mendorong perdamaian di wilayah itu di sela kunjungan tiga hari untuk peringatan ulang tahun Kristen Ortodoks.

Menurut Paus, undangannya kepada kedua pemimpin negara tersebut bukan langkah diplomasi, melainkan juga bagian dari spiritualitas. "Pertemuan di Vatikan adalah doa bersama. Itu bukan mediasi," kata dia. "Ini doa tanpa diskusi," imbuh dia.

Paus Fransiskus membuat tawaran pribadi bagi perdamaian Palestina dan Israel, Minggu (25/5/2014), dengan mengundang kedua pemimpin negara bergabung dengannya untuk doa bersama, doa memohon diakhirinya konflik di kawasan tersebut yang menurut dia sudah semakin tak dapat diterima setelah kegagalan pembicaraan damai yang dimotori Amerika Serikat.

Pejabat senior Palestina, Minggu, menyatakan, Abbas menerima undangan yang dijadwalkan untuk 6 Juni 2014 itu. Adapun jawaban dari Peres datang pada Senin dengan pernyataan, "Kami akan senang memanjatkan doa seperti ini di rumah kami maupun di rumah Anda, sesuai dengan undangan Anda yang murah hati seperti pilihan Anda."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.