Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helikopter Tempur Ukraina Serang Bandara Donetsk

Kompas.com - 26/05/2014, 22:19 WIB
KIEV, KOMPAS.com - Dua helikopter serbu milik militer Ukraina, Senin (26/5/2014), menyerang bangunan terminal utama bandara Donetsk yang dikuasai separatis di wilayah timur Ukraina.

Dua helikopter itu terbang rendah lalu menembaki bangunan bandara dan mengenai terminal utama bandara tersebut. Asap hitam membubung ke udara dari tempat yang terkena tembakan.

Sebelumnya, pada Senin pagi, sekelompok orang bersenjata menyerbu bandara Donetsk yang merupakan bentuk penentangan terhadap pemilu Ukraina yang ditolak kelompok separatis yang menguasai wilayah timur Ukraina.

Akibatnya, militer Ukraina meluncurkan operasi untuk merebut kembali bandara itu. Militer Ukraina mengerahkan jet-jet tempur dan helikopter serbu dalam operasi ini.

"Setelah ultimatum (agar separatis meninggalkan bandara) pada pukul 13.00 habis, kami meluncurkan operasi anti-teror," kata juru bicara militer Ukraina, Oleksiy Dmytrashyvskiy.

Juru bicara militer lainnya, Vladyslav Seleznyov, lewat akun Facebook-nya mengatakan pasukan Ukraina didukung helikopter serbu Mi-8 dengan pasukan payung dan jet tempur.

"Pertama, jet tempur SU-25 melepaskan tembakan peringatan ditujukan ke arah teroris untuk memenuhi tuntutan kami. Beberapa pemberontak mulai panik," kata Seleznyov.

"Lalu MiG-29 melakukan serangan udara di dekat kawasan tempat berkumpulnya para teroris," sambung dia.

Akibat didudukinya bandara Donetsk, maka semua penerbangan masuk dan keluar kota itu dibatalkan. Bandara Donetsk baru saja direnovasi besar-besaran menjelang Piala Eropa 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com