Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Lakukan Lawatan Mendadak ke Afganistan

Kompas.com - 26/05/2014, 08:29 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.COM - Presiden Amerika Barack Obama telah meninggalkan Afganistan setelah melakukan lawatan tiba-tiba selama empat jam pada libur “Memorial Day” atau Hari Pahlawan, untuk menjenguk tentara Amerika yang berdinas di sana. Berbicara di Pangkalan Udara Bagram, Minggu (25/5/2014) malam, Presiden Obama berterima kasih kepada para tentara dan menyebut mereka sebagai “pahlawan sesungguhnya”.

Presiden Obama menambahkan mereka telah menyelesaikan misi Amerika di Afganistan dengan menumpas para pemimpin Al Qaeda di kawasan kesukuan itu, membalikkan momentum Taliban dan melindungi jiwa warga Amerika di tanah air dengan mencegah terjadinya serangan yang berasal dari kawasan itu.

Presiden Obama juga mengatakan ia berharap perjanjian keamanan bilateral Amerika-Afganistan akan ditandatangani segera setelah presiden baru Afganistan diambil sumpahnya.

Penarikan mundur pasukan tempur internasional dari Afganistan dijadwalkan selesai selambat-lambatnya pada akhir tahun ini. Beberapa unit pasukan akan tetap berada di Afganistan setelah bulan Desember 2014 untuk melatih dan memberikan konsultasi jika pemimpin-pemimpin Afganistan menyepakati Perjanjian Keamanan Bilateral dengan Amerika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com