Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Thailand Stop Siaran Reguler Radio dan Televisi

Kompas.com - 22/05/2014, 19:00 WIB
BANGKOK, KOMPAS.com — Angkatan Bersenjata Thailand, Kamis (22/5/2014), memerintahkan semua stasiun radio dan televisi untuk sementara menghentikan siaran rutin mereka dan hanya menyiarkan pernyataan-pernyataan militer.

Seorang juru bicara militer dalam sebuah pengumuman yang disiarkan televisi mengatakan, langkah ini diambil untuk memastikan "akurasi" berita yang diterima rakyat.

Sebelumnya, Panglima Angkatan Bersenjata Thailand Jenderal Prayut Chan-O-Chan lewat pidato televisi mengumumkan bahwa militer mengambil alih pemerintahan setelah kisruh politik selama tujuh bulan tak kunjung berakhir.

"Untuk mengembalikan negara ke kondisi normal dengan cepat, Komite Penjaga Perdamaian Nasional yang terdiri atas Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan kepolisian Thailand mengambil alih kekuasaan pada 22 Mei 2014 pukul 16.30," kata Jenderal Prayut Chan-O-Chan.

Pernyataan kudeta ini hanya berselang dua hari setelah militer menyatakan kondisi darurat militer di Thailand. Namun, saat itu militer menegaskan keadaan darurat itu bukanlah sebuah kudeta.

Saat kondisi darurat diumumkan, ribuan tentara didukung persenjataan dan kendaraan tempur disebar ke lokasi-lokasi vital, seperti pusat-pusat perekonomian, stasiun televisi, dan kawasan-kawasan perhotelan.

Terakhir kali militer Thailand melakukan kudeta adalah pada 2006 ketika melengserkan Thaksin Shinawatra dari kursi perdana menteri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com