Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Thailand Kudeta, Jepang Resah

Kompas.com - 22/05/2014, 18:13 WIB
TOKYO, KOMPAS.com — Kondisi tak menentu di Thailand yang berujung pada kudeta militer pada Kamis (22/5/2014), ternyata sangat mengkhawatirkan Jepang, negara investor terbesar di negeri itu.

Sejak darurat militer diberlakukan dua hari lalu, Pemerintah Jepang sebenarnya sudah sangat khawatir dan terus memantau kondisi di Negeri Gajah Putih itu.

"Kami sangat prihatin dengan kondisi di Thailand. Kami mendesak semua pihak di Thailand untuk menahan diri dan tak menggunakan kekerasan," kata Menteri Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga.

Jepang patut khawatir karena sedikitnya 4.000 perusahaan Jepang beroperasi di Thailand. Demikian data dari lembaga riset Teikoku yang dirilis pada Februari lalu.

Berapa besar investasi Jepang di Thailand? Menurut data Bank of Thailand pada 2013, total investasi Jepang di Thailand mencapai 6,89 miliar dollar AS atau hampir Rp 80 triliun. Jumlah investasi Jepang itu jauh lebih besar dibanding gabungan investasi AS, Inggris, dan ASEAN.

Thailand juga semakin penting bagi Jepang karena sebagian besar perusahaan negeri itu sudah mengalihkan pusat operasinya di Thailand demi menghindari besarnya biaya dan terus menguatnya nilai tukar Yen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com