Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekan Angka Perceraian, Saudi Luncurkan Kursus Pernikahan

Kompas.com - 19/05/2014, 20:01 WIB
RIYADH, KOMPAS.com — Pemerintah Arab Saudi segera memperkenalkan sebuah kursus pernikahan yang wajib dijalani untuk mereka yang akan segera mengakhiri masa lajang.

Kursus pernikahan ini digelar untuk menekan angka perceraian yang sangat tinggi di negeri kaya minyak tersebut. Demikian laporan harian Asharq al-Awsat, akhir pekan lalu.

Kementerian Kehakiman Arab Saudi mengungkap rencana meluncurkan program pelatihan dan rehabilitasi di semua kota Arab Saudi.

"Tak seorang pun bisa membantah pentingnya pelatihan untuk hidup berumah tangga dan dampaknya untuk menurunkan angka perceraian," kata Fouad al-Jugaiman, koordinator program rehabilitasi pra-nikah.

Menurut Al-Jugaiman, angka perceraian di Malaysia menurun dari 32 persen menjadi hanya tujuh persen setelah memberlakukan program serupa. "Sekitar 100.000 pernikahan terjadi setiap tahun di negeri ini," kata Al-Jugaiman.

Dia menambahkan, sebanyak 1.000 orang pelatih yang memiliki cukup kualifikasi akan disebar ke seluruh wilayah Saudi untuk memberi pelatihan pasangan yang akan menikah.

Pelatihan, yang akan mulai dijalankan dalam waktu dua tahun ini, memberikan hal-hal yang diperlukan pasangan suami istri untuk melanggengkan pernikahan mereka.

Pada 2013, dalam sehari terdapat 82 kasus perceraian di seluruh Arab Saudi. Demikian laporan harian Al-Eqtisadiah awal tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com