Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parlemen Libya Diserang

Kompas.com - 19/05/2014, 08:12 WIB
TRIPOLI, KOMPAS.COM - Tembak-menembak sengit terjadi di luar gedung parlemen sementara Libya di ibukota Tripoli, Minggu 18 Mei. Anggota parlemen melarikan diri dari gedung setelah para penyerang bersenjata berusaha masuk.

Kelompok tersebut menggunakan tank saat melakukan serangan. Asap hitam terlihat di atas gedung sementara milisi pendukung pemerintah membalas serangan.

Gedung parlemen dilaporkan sebagian besar kosong. Sejumlah laporan menyebutkan para pejabat sudah diperingatkan sebelumnya, dan sebagian sudah meninggalkan lokasi.

Beberapa saksi mata mengatakan kelompok bersenjata tersebut adalah Brigade Zintan yang anggotanya mantan pejuang pemberontak.

Tiga Perdana Menteri

Meskipun demikian pasukan pendukung jenderal purnawirawan Khalifa Haftar mengaku bertanggung jawab. Wartawan BBC di Tripoli, Rana Jawab, melaporkan terjadi tembakan sporadis di kota tersebut.

Milisi Jenderal Haftar hari Jumat lalu melancarkan serangan darat dan udara terhadap milisi Islamis di timur Benghazi.

Pemerintah mengutuk serangan dan menerapkan larangan terbang.

Pemerintah kesulitan menangani milisi yang menguasai sejumlah daerah Libya.

Rancangan Undang Undang Dasar masih belum ditulis dan negara itu telah diperintah tiga perdana menteri sejak bulan Maret.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com