Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Kecam Laporan Dewan HAM PBB Terkait Ukraina

Kompas.com - 16/05/2014, 17:23 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Pemerintah Rusia, Jumat (16/5/2014), menyatakan laporan PBB terkait memburuknya kondisi hak asasi manusia di wilayah timur Ukraina yang didukung Kremlin sebagai sebuah laporan yang tidak obyektif dan sangat bernuansa politik.

"Minimnya obyektivitas, perbedaan yang jelas, serta standar ganda menunjukkan bahwa penulis laporan itu melakukan pekerjaan politik yang ditujukan untuk membersihkan nama pemerintah Kiev," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia.

Sebelumnya, PBB merilis laporan terkait semakin memburuknya kondisi HAM di wilayah timur Rusia, tempat pemerintah Kiev dan milisi pro-Rusia.

Laporan itu memuat sederet masalah kekerasan seperti pembunuhan berencana, penyiksaan dan pemukukan, penculikan, intimidasi dan dalam beberapa kasus pelecehan seksual yang dilakukan kelompok-kelompok antipemerintah di wilayah timur Ukraina.

"Mereka yang memiliki pengaruh terhadap milisi-milisi bersenjata yang terlibat kekerasan di Ukraina timur diharapkan menahan orang-orang yang tengah menghancurkan negara itu," kata Komisionel Tinggi PBB urusan HAM, Navi Pillay yang secara tak langsung menuding Rusia.

Dalam laporan terbaru itu, Navi Pillay juga menyuarakan keprihatinan mendalam terkait masalah serius terkait pelecehan dan intimidasi yang diterima etnis Tatar di Semenanjung Crimea yang dianeksasi Rusia pada Maret lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com