Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Yaman dan Al-Qaeda Baku Tembak, Satu Jenderal Tewas

Kompas.com - 14/05/2014, 18:44 WIB
SANAA, KOMPAS.com - Sekelompok orang bersenjata yang diduga adalah anggota Al-Qaeda menembaki dua posisi militer Yaman di wilayah selatan negeri itu, Rabu (14/4/2014), memicu baku tembak yang menewaskan ajudan menteri pertahanan, sembilan prajurit dan 13 anggota Al-Qaeda.

Serangan itu terjadi lima hari setelah Menteri Pertahanan Mohammed Nasser Ahmad dan dua pejabat seniornya lolos dari sergapan Al-Qaeda setelah meninjau kemajuan operasi militer di wilayah selatan.

"AU Yaman ikut terlibat dalam pertempuran ini dengan melakukan pengeboman sejumlah kendaraan Al-Qaeda yang tengah maju menuju Azzan," kata pemeritah provinsi Shabwa yang telah direbut militer.

Kerugian di pihak militer Yaman termasuk Jenderal Mohsen Saeed al-Ghazali, ajudan menteri pertahanan, yang tewas dalam beaku tembak di kota Azzan dan kota Jul al-Rida. Sementara itu, pemerintah Yaman memperketat pengamanan di sekitar ibu kota Sanaa menyusul keberhasilan militer merebut kota Azzan.

Kelompok Al-Qaeda Semenanjung Arabia (AQAP) mengambil keuntungan dari gerakan rakyat yang menyingkirkan Presiden Ali Abdullah Saleh dari kekuasaan pada 2011. Guncangnya kekuasaan Yaman membuat AQAP berhasil menguasai sebagian besar wilayah di selatan dan timur Yaman.

Pada 2012, militer Yaman bergerak dan berhasil merebut sejumlah kota namun berjuang keras untuk menguasai wilayah pedalaman meski didukung milisi-milisi dari suku-suku lokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com