Kompas.com - 13/05/2014, 19:28 WIB
EditorErvan Hardoko
NEW DELHI, KOMPAS.com — Para awak kabin maskapai penerbangan di India, Selasa (13/5/2014), mengecam aturan baru yang dikeluarkan otoritas pengawas penerbangan sipil negara itu terkait berat badan yang diperbolehkan untuk para awak kabin.

Pekan lalu, Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil (DGCA) menerbitkan aturan untuk maskapai penerbangan India yang menerbangi jalur domestik dan luar negeri. Salah satu aturannya adalah menetapkan indeks massa tubuh (BMI) dan persyaratan kesehatan lainnya untuk para kru kabin.

Menurut aturan itu, kru kabin bisa dinyatakan tidak sehat dan tidak boleh terbang jika BMI mereka, ukuran berat badan relatif terhadap massa dan tinggi badan, di luar ketetapan yang dianggap normal.

DGCA menyatakan, aturan ini diterbitkan untuk keselamatan penumpang sehingga hanya awak kabin yang bugar dan sehat dianggap mampu menjalankan tugasnya, terutama dalam keadaan darurat.

Aturan baru ini tampaknya akan berdampak terhadap sedikitnya 600 kru kabin maskapai penerbangan milik pemerintah Air India. Demikian serikat kerja kru kabin Air India.

"Kru kabin Air India memiliki rekor keselamatan yang sempurna dengan kondisi selama ini. Apakah mereka (DGCA) ingin mengatakan semua keadaan darurat terdahulu ditangani kru yang tidak bugar?" kata salah seorang pengurus serikat yang tak ingin disebutkan namanya.

Menurut aturan baru itu, angka BMI normal untuk pria adalah 18-25, 25-29 kelebihan berat badan, dan di atas 30 masuk katagori obesitas. Sementara itu, untuk kru kabin perempuan, angka normal adalah 18-22, 22-27 kelebihan berat badan, dan di atas 27 obesitas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.