Kompas.com - 11/05/2014, 06:21 WIB
EditorErvan Hardoko
LONDON, KOMPAS.com -- Ibu kota Inggris, London, ternyata merupakan kota yang paling banyak memiliki jutawan dibanding kota besar lain di dunia. Sementara Inggris menjadi negara dengan jumlah jutawan terbanyak per kapita di dunia. Demikian data terbaru menunjukkan, Sabtu (10/5/2014).

Hasil survei terbaru yang dimuat harian The Sunday Times ini tampaknya akan memicu perdebatan di tengah banyak warga Inggris yang berjuang secara ekonomi meski perekonomian Inggris mulai tumbuh setelah krisis finansial 2008.

London, menurut hasil survei itu, adalah rumah untuk 72 dari 104 jutawan terkaya di Inggris. Di posisi kedua dengan 48 orang jutawan. Tiga kota besar di AS, yaitu New York, San Francisco, dan Los Angeles, menyusul di posisi berikutnya.

Sedangkan benua Asia menyumbangkan Hongkong di tempat keenam dengan jumlah 34 orang jutawan yang tinggal di bekas koloni Inggris tersebut.

Dua pengusaha bersaudara kelahiran India, Sri dan Gopi Hinduja, memuncaki daftar orang terkaya Inggris dengan total kekayaan mencapai 20,1 miliar dollar AS atau tak kurang dari Rp 232 triliun.

Kekayaan dua pengusaha ini berasal dari perusahaan keluarga Hinduja Group, yang bergerak di bidang perminyakan, perbankan, otomotif, properti, dan media.

Pasangan pengusaha Inggris ini menggeser pemuncak "klasemen" tahun lalu, yaitu pengusaha Rusia, Alisher Usmanov, ke posisi kedua. Kekayaan pengusaha kelahiran Uzbekistan itu menurun karena dihantam menurunnya nilai tukar rubel dan pasar saham Rusia akibat krisis Ukraina.

Jika digabungkan, kekayaan ke-104 jutawan Inggris itu mencapai 301,13 miliar poundsterling atau setara dengan Rp 5.827 triliun.

Jumlah kekayaan semua jutawan Inggris ini lebih besar hampir empat kali lipat dari APBN Indonesia pada 2014 yang baru saja disahkan DPR, yaitu sebesar Rp 1.842 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.