Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

London, Kota dengan Populasi Jutawan Terbanyak di Dunia

Kompas.com - 11/05/2014, 06:21 WIB
LONDON, KOMPAS.com -- Ibu kota Inggris, London, ternyata merupakan kota yang paling banyak memiliki jutawan dibanding kota besar lain di dunia. Sementara Inggris menjadi negara dengan jumlah jutawan terbanyak per kapita di dunia. Demikian data terbaru menunjukkan, Sabtu (10/5/2014).

Hasil survei terbaru yang dimuat harian The Sunday Times ini tampaknya akan memicu perdebatan di tengah banyak warga Inggris yang berjuang secara ekonomi meski perekonomian Inggris mulai tumbuh setelah krisis finansial 2008.

London, menurut hasil survei itu, adalah rumah untuk 72 dari 104 jutawan terkaya di Inggris. Di posisi kedua dengan 48 orang jutawan. Tiga kota besar di AS, yaitu New York, San Francisco, dan Los Angeles, menyusul di posisi berikutnya.

Sedangkan benua Asia menyumbangkan Hongkong di tempat keenam dengan jumlah 34 orang jutawan yang tinggal di bekas koloni Inggris tersebut.

Dua pengusaha bersaudara kelahiran India, Sri dan Gopi Hinduja, memuncaki daftar orang terkaya Inggris dengan total kekayaan mencapai 20,1 miliar dollar AS atau tak kurang dari Rp 232 triliun.

Kekayaan dua pengusaha ini berasal dari perusahaan keluarga Hinduja Group, yang bergerak di bidang perminyakan, perbankan, otomotif, properti, dan media.

Pasangan pengusaha Inggris ini menggeser pemuncak "klasemen" tahun lalu, yaitu pengusaha Rusia, Alisher Usmanov, ke posisi kedua. Kekayaan pengusaha kelahiran Uzbekistan itu menurun karena dihantam menurunnya nilai tukar rubel dan pasar saham Rusia akibat krisis Ukraina.

Jika digabungkan, kekayaan ke-104 jutawan Inggris itu mencapai 301,13 miliar poundsterling atau setara dengan Rp 5.827 triliun.

Jumlah kekayaan semua jutawan Inggris ini lebih besar hampir empat kali lipat dari APBN Indonesia pada 2014 yang baru saja disahkan DPR, yaitu sebesar Rp 1.842 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com