Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyelidik Pajak Temukan Lukisan Van Gogh yang Hilang

Kompas.com - 10/05/2014, 20:47 WIB
KOMPAS.com - Para penyelidik pajak Spanyol tanpa sengaja menemukan lukisan karya maestro Belanda Vincent Van Gogh yang hilang 40 tahun silam. Lukisan itu, tulis El Mundo pada Sabtu (10/5/2014) tersimpan di dalam sebuah brankas. Saat penemuan itu, penyidik pajak memang tengah melakukan operasi penyitaan 542 brankas milik para pengemplang pajak. Para pencoleng itu diduga merugikan negara hingga 319 juta euro.

Sampai saat ini, aparat terkait masih melakukan penyelidikan. Lukisan Van Gogh itu bertajuk "Cypress, Sky, and Country" bertitel tahun 1889. Catatan menunjukkan kalau lukisan itu sejatinya berada di Museum Kunsthistorisches di Wina, Austria.

Para penyelidik meyakini kalau lukisan tersebut asli karena ada tiga pelindung lukisan berukuran 35 cm x 32 cm, 13,7 cm, dan 12,5 inchi. "Keaslian lukisan masih dalam penyelidikan Kementerian Budaya Spanyol," kata pernyataan penyelidik.    

Van Gogh sohor namanya di dunia karena gaya impresionismenya. Pada 1890, dia melakukan tindakan bunuh diri setelah lama mengalami gangguan mental.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com