Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Jamuan Makan Malam, Obama Lontarkan Gurauan soal Putin

Kompas.com - 05/05/2014, 17:19 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama melontarkan lelucon tentang kebijakan kesehatan, saingan politik, dan Vladimir Putin pada jamuan makan malam bersama di Gedung Putih, Sabtu (3/5/2014) waktu setempat.

Acara amal ini merupakan tradisi yang digunakan oleh para presiden Amerika Serikat untuk mengolok-olok lawan politiknya, sekaligus juga menertawakan diri mereka sendiri. Jamuan makan malam tersebut dihadiri banyak selebriti, jurnalis, dan politisi.

Menanggapi problem pada program kesehatan rancangannya, Obama mengatakan, "Tahun 2008, slogan saya adalah 'Ya, kita bisa'. Pada 2013, slogan saya berubah menjadi 'control-alt-delete'."

Lelucon-lelucon yang dilontarkan Obama kebanyakan berasal dari kebijakan kesehatan yang disusunnya melalui healthcare.gov. Dia menyinggung banyak kendala teknis tentang kebijakan tersebut.

"Ada yang mengerti cara memperbaiki hal ini?" tanyanya, seakan-akan layar proyektor tak berfungsi dengan normal.

Menteri Kesehatan Kathleen Sebelius kemudian maju dan mengatakan, "Tenang, saya mengerti. Saya menghadapinya setiap saat."

Sebelius mundur dari jabatannya karena isu teknis pada healthcare.gov. Dalam acara itu, Obama juga mengomentari tingkah pengamat media yang terobsesi dengan foto telanjang dada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dia kemudian memaparkan lelucon tentang Putin untuk menyindir kelompok konservatif dan oposisi politik.

"Tahun lalu Pat Buchanan (pengamat konservatif) bilang bahwa Putin pantas diberi Nobel Perdamaian, tetapi hal itu wajar karena mereka memberikannya kepada semua orang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com