Kompas.com - 05/05/2014, 17:08 WIB
EditorErvan Hardoko
KOMPAS.com — Sejumlah negara di dunia masih mempertahankan sistem pemerintahan monarki alias kerajaan. Sebagian besar keluarga kerajaan itu nyaris tidak memiliki kekuasaan politik lagi, tetapi tetap memiliki kekayaan melimpah ruah.

Lalu keluarga kerajaan mana saja yang terkaya di dunia? Berikut lima keluarga kerajaan terkaya di dunia.

1. Bhumibol Adulyadej (Raja Thailand)

Raja yang dikenal juga dengan gelar Rama IX, dan paling lama berkuasa di Thailand, ini menduduki peringkat teratas. Selama berkuasa 68 tahun, Raja Bhumibol (84) memiliki kekayaan dengan jumlah menakjubkan, yaitu 30 miliar dollar AS atau sekitar Rp 345 triliun.

Biro Properti Kerajaan mengelola semua properti dan investasi keluarga kerajaan. Aset yang dikelola biro ini termasuk 1.340 hektar tanah di kota Bangkok dan 5.340 hektar di berbagai wilayah pedesaan Thailand.

Sang raja juga memiliki 32 persen saham Siam Cement, 23 persen saham Siam Commercial Bank, dan berbagai investasi lainnya.

Dia juga memiliki Golden Jubilee, salah satu berlian terbesar di dunia yang diperkirakan berharga antara 4 juta dollar AS dan 12 juta dollar AS.

Tak hanya itu, di bawah undang-undang Thailand, Raja Bhumibol tak boleh dihina. Barang siapa menghina sang raja akan terancam hukuman penjara.

2. Hassanal Bolkiah (Raja Brunei)

Salah satu negeri monarki absolut yang tersisa di dunia ini mendapatkan kekayaan dari persediaan minyak buminya. Namun, persediaan minyak mentah Brunei diperkirakan akan habis dalam waktu 25 tahun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.