Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delegasi IAEA Tiba di Iran

Kompas.com - 05/05/2014, 16:22 WIB
TEHERAN, KOMPAS.com - Delegasi Badan Tenag Atom Internasional (IAEA), Senin (5/5/2014), tiba di Iran untuk mengunjungi dua lokasi fasilitas nuklir Iran menjelang pembicaraan terbaru dengan negara-negara utama dunia pekan depan.

Setelah melakukan pertemuan dengan para petinggi Badan Energi Atom Iran, delegasi IAEA akan mengunjungi tambang uranium Saghand dan lokasi pusat pengayaan uranium Ardakan. Demikian kantor berita IRNA mengabarkan.

Kedua fasilitas nuklir yang akan dikunjungi delegasi IAEA ini terletak berdekatan berjarak 450 kilometer dari ibu kota Iran, Teheran.

Kunjungan IAEA ini sejalan dengan tujuh langkah yang disepakati Iran dan IAEA pada Februari lalu untuk meningkatkan transparansi terkait kegiatan nuklir Iran.

Juru bicara badan tenaga atom Iran, Behrouz Kamalvandi mengatakan sebagian besar dari tujuh langkah yang disetujui dengan IAEA sudah dijalankan Iran.

Sementara itu seorang pejabat Iran mengatakan delegasi IAEA yang dipimpin wakil direktur Massimo Aparo akan melakukan pembicaraan terkait reaktor air berat Arak.

Sesuai kesepakatan, Iran sudah harus menjalankan tujuh langkah kesepakatan dengan IAEA paling lambat pada 15 Mei mendatang, atau dua hari setelah putaran pembicaraan terbaru antara Iran dan P5+1 yaitu Inggirs, China, Perancis, Rusia, AS ditambah Jerman yang akan digelar di Vienna, Austria.

Sebelumnya IAEA juga mengunjungi fasilitas Lashkar Ab'ad Laser Center, yang kabarnya digunakan untuk proses pengayaan Uranium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com