Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gary "Ekonomi Diskriminasi" Becker, Penerima Nobel Ekonomi 1992, Berpulang...

Kompas.com - 05/05/2014, 07:36 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber Reuters

CHICAGO, KOMPAS.com - Gary Becker, peraih Nobel Ekonomi 1992, meninggal dalam usia 83 tahun, menurut pernyataan dari University of Chicago, Minggu (4/5/2014). Becker adalah pakar yang menerapkan prinsip ekonomi untuk "membaca" perilaku manusia.

Becker merupakan murid langsung dari ekonom pasar bebas Milton Friedman, meninggal pada Sabtu (3/5/2014) setelah sakit keras. Pernyataan universitas yang ditayangkan dalam laman resminya tak memberikan rincian lebih lanjut tentang sakit Becker.

Selama karirnya, Becker menggunakan analisis ekonomi untuk mempelajari kriminalitas, diskriminasi, kecanduan, kependudukan, dan prinsip rumah tangga. "Gary adalah pemikir transformasional bagi dunia dan individu yang luar biasa," ujar pernyataan dari University of Chicago.

Becker mendapatkan gelar doktor ekonomi dari University of Chicago pada 1955 dan menerbitkan buku berjudul "Ekonomi Diskriminasi" dua tahun kemudian. Dia menyoroti prasangka terhadap kaum minoritas dalam prisma ekonomi.

Pada 1981 Becker menulis lagi sebuah buku berjudul "Risalah Keluarga". Dalam buku ini, Becker menyimpulkan bahwa perempuan yang bekerja ternyata memiliki lebih sedikit anak karena waktu mereka menjadi lebih berharga.

Awal karir Becker menimbulkan kontroversi. Ekonom lain mempertanyakan nilai analisisnya terkait masalah sosial. "Untuk waktu yang lama, jenis pekerjaan saya yang baik diabaikan atau sangat tidak disukai oleh ekonom terkemuka," tulis Becker dalam otobiografinya. "Saya dianggap berada di jalan keluar (dari bidang ekonomi) dan bukan benar-benar seorang ekonom."

Pada 2011, Becker mengatakan Amerika Serikat memiliki sedikit pilihan selain menunda pembayaran manfaat pensiun karena defisit besar anggaran. Dia pun meminta Kongres AS mempertimbangkan kenaikan usia pensiun menjadi 70 tahun bagi orang-orang yang tak cacat.

Becker juga adalah penasihat ekonomi untuk Gubernur California dari Partai Republik, Arnold Schwarzenegger. Dia adalah lelaki kelahiran Pottsville, Pennsylvania, dengan gelar sarjana ekonomi dari Princeton University. Sempat menjadi asisten profesor ekonomi di University of Chicago, dia kemudian mengajar di Columbia University di New York. Pada 1970, Becker kembali ke University of Chicago.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com