Kompas.com - 02/05/2014, 08:15 WIB
EditorEgidius Patnistik
Sedikitnya 33 orang tewas dalam serangan udara atas sebuah pasar di kawasan yang dikuasai kelompok pemberontak Suriah di kota Aleppo. Para pegiat di Aleppo menyebutkan helikopter pemerintah menjatuhkan tiga bom di kawasan tersebut, yang saat itu penuh dengan warga yang sedang berbelanja.

Sebuah video yang diterbitkan di internet memperlihatkan ambulans melintasi puing-puing dari gedung yang rusak dan rongsokan mobil. Kelompok Pengamat Hak Asasi Suriah yang bermarkas di London mengatakan serangan itu terjadi di distrik Halak, Kamis 1 Mei.

Sementara jumlah korban, menurut Pusat Media Aleppo, mencapai 40 jiwa dan dua bangunan pemukiman rusak.

Serangan ini terjadi sehari setelah pesawat tempur pemerintah menghantam sebuah sekolah di Aleppo selatan dan menewaskan 18 orang, termasuk 10 anak-anak.

Badan PBB untuk anak dan pendidikan, UNICEF, sudah menyampaikan kecaman atas dua serangan di Aleppo, yang disebut sebagai serangan tanpa pandang bulu atas sekolah dan sasaran-sasaran sipil.

"Serangan-serangan ini tampaknya bereskalasi, sama sekali tidak menghargai semua seruan yang sudah dilakukan untuk menghentikan lingkaran kekerasan yang gila ini dan untuk menghindari pelanggaran hukum internasional," kata UNICEF seperti tertulis dalam pernyatannya.

Aleppo menjadi salah satu medan pertarungan sengit antara pasukan pemerintah dengan kelompok pemberontak, dan sering menjadi sasaran serangan udara pemerintah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.