Kompas.com - 30/04/2014, 19:31 WIB
EditorErvan Hardoko
SAO PAULO, KOMPAS.com -- Seorang pemilik bar di kota Sao Paulo, Brasil, ternyata menganggap sosok mendiang pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden, sangat bagus untuk bisnis.

Buktinya, Ceara Francisco Helder Braga Fernandes membuat sebuah bar bertemakan Osama bin Laden. Dia menamakan barnya itu Osama bin Laden, bahkan Fernandes berdandan sangat mirip dengan pemimpin Al Qaeda yang tewas di Pakistan itu.

Fernandes yang tinggal di Sao Paulo sejak 1978 itu mengubah nama barnya tak lama setelah tragedi 11 September 2001 di New York, AS. Dengan janggut tebal berwarna abu-abu serta alis yang tebal, penampilan Fernandes memang bak kembaran Osama.

Namun, ketika nama Osama bin Laden mendunia dan muncul di televisi di seluruh dunia, seorang pelanggan melaporkan Fernandes ke polisi karena mengira Osama bin Laden bersembunyi di Sao Paulo dan menyamar sebagai pengelola bar.

Saat polisi mendatangi bar milik Fernandes, mereka justru tertawa dan meminta foto bersama "Osama bin Laden" asal Sao Paulo itu. Akhirnya, Fernandes malah menjadi selebriti lokal dan kerap muncul di siaran televisi setempat.

Akhirnya, bar milik Fernandes malah menjadi terkenal dan menjadi lokasi nongkrong para musisi rock setempat. Bar milik Fernandes ini juga menjadi tujuan utama para penggemar musik rock yang pada akhir pekan membeludak hingga ke jalanan hanya untuk mendengarkan Led Zeppelin dan Black Sabbath sambil minum-minum.

Namun, ternyata di Brasil ada beberapa tempat hiburan yang bernama Osama bin Laden. Salah satunya berada di kota pesisir Niteroi, tak jauh dari Rio de Janeiro.

Di kota ini terdapat bar bernama "Caverna do Bin Laden" atau artinya Gua Persembunyian Bin Laden. Sementara di kota Juiz de Fora, di wilayah utara Brasil, terdapat Bin Laden's Bar yang juga dikelola seorang pria yang mirip Bin Laden.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.