Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Sao Paulo, Osama bin Laden Jadi Nama Bar

Kompas.com - 30/04/2014, 19:31 WIB
SAO PAULO, KOMPAS.com -- Seorang pemilik bar di kota Sao Paulo, Brasil, ternyata menganggap sosok mendiang pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden, sangat bagus untuk bisnis.

Buktinya, Ceara Francisco Helder Braga Fernandes membuat sebuah bar bertemakan Osama bin Laden. Dia menamakan barnya itu Osama bin Laden, bahkan Fernandes berdandan sangat mirip dengan pemimpin Al Qaeda yang tewas di Pakistan itu.

Fernandes yang tinggal di Sao Paulo sejak 1978 itu mengubah nama barnya tak lama setelah tragedi 11 September 2001 di New York, AS. Dengan janggut tebal berwarna abu-abu serta alis yang tebal, penampilan Fernandes memang bak kembaran Osama.

Namun, ketika nama Osama bin Laden mendunia dan muncul di televisi di seluruh dunia, seorang pelanggan melaporkan Fernandes ke polisi karena mengira Osama bin Laden bersembunyi di Sao Paulo dan menyamar sebagai pengelola bar.

Saat polisi mendatangi bar milik Fernandes, mereka justru tertawa dan meminta foto bersama "Osama bin Laden" asal Sao Paulo itu. Akhirnya, Fernandes malah menjadi selebriti lokal dan kerap muncul di siaran televisi setempat.

Akhirnya, bar milik Fernandes malah menjadi terkenal dan menjadi lokasi nongkrong para musisi rock setempat. Bar milik Fernandes ini juga menjadi tujuan utama para penggemar musik rock yang pada akhir pekan membeludak hingga ke jalanan hanya untuk mendengarkan Led Zeppelin dan Black Sabbath sambil minum-minum.

Namun, ternyata di Brasil ada beberapa tempat hiburan yang bernama Osama bin Laden. Salah satunya berada di kota pesisir Niteroi, tak jauh dari Rio de Janeiro.

Di kota ini terdapat bar bernama "Caverna do Bin Laden" atau artinya Gua Persembunyian Bin Laden. Sementara di kota Juiz de Fora, di wilayah utara Brasil, terdapat Bin Laden's Bar yang juga dikelola seorang pria yang mirip Bin Laden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com