Kompas.com - 29/04/2014, 19:48 WIB
EditorErvan Hardoko
RIYADH, KOMPAS.com — Seorang ulama senior Arab Saudi Abdulaziz al-Shaikh menerbitkan sebuah fatwa terkait aturan berlalu lintas. Dalam fatwanya, Abdulaziz mengatakan, menerobos lampu lalu lintas saat masih berwarna merah adalah perbuatan dosa dan diharamkan.

Dia mengatakan, melanggar aturan lalu lintas itu bisa dikategorikan dosa besar, dan dia bahkan mengutip sebuah ayat dari Al Quran.

"Jika kamu membunuh seseorang sama dengan membunuh seluruh umat manusia, dan jika kamu menyelamatkan seorang manusia maka itu sama dengan menyelamatkan seluruh umat manusia," kata Abdulaziz.

Arab Saudi memiliki angka kecelakaan lalu lintas tertinggi di dunia dengan rata-rata 17 orang tewas sehari akibat kecelakaan lalu lintas.

Menurut data Kementerian Kesehatan Arab Saudi, pada 2012 terjadi 598.300 kecelakaan lalu lintas. Angka itu sama dengan 1.614 kecelakaan sehari atau 67 kecelakaan setiap jam.

Mengemudi ugal-ugalan dan mengabaikan rambu-rambu lalu lintas merupakan penyebab utama kecelakaan lalu lintas di Arab Saudi.

Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, Pemerintah Arab Saudi berencana memasang kamera CCTV di seluruh wilayah negeri itu pada 2018.

Selain itu, pemerintah juga meminta fatwa para ulama untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di negeri kaya minyak itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Al Arabiya
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.