Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsel Siagakan Militer Hadapi Korut

Kompas.com - 29/04/2014, 11:40 WIB
SEOUL, KOMPAS.COM — Pemerintah Korea Selatan mengaku telah menyiagakan militernya setelah Korea Utara mengumumkan bakal menggelar latihan tempur di perbatasan maritim kedua negara.

“Militer kami bersiaga penuh. Jika ada tembakan yang mendarat di wilayah kami, Korea Selatan akan membalas dengan kuat,” ujar juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel), Kim Min-seok.

Pernyataan senada dikemukakan kantor kepala staf gabungan angkatan bersenjata Korsel (JCS). Eom Hyo-sik, selaku juru bicara JCS, menyatakan militer Korsel tidak akan ragu merespons secara tegas jika tembakan artileri Korea Utara (Korut) menghantam wilayah Korsel.

Eom menambahkan, warga sipil di Pulau Baengnyeong dan Pulau Yeonpyeong telah diungsikan ke pusat evakuasi. Adapun para nelayan diimbau tidak mendekati wilayah perairan di perbatasan.

Kesiagaan Korsel dipicu oleh faksimile Komando Armada Barat Daya Angkatan Darat Korut kepada Armada Kedua Angkatan Laut Korsel, pada Selasa (29/4/2014) waktu setempat. Isinya ialah pemberitahuan bahwa akan ada latihan tempur menggunakan artileri sungguhan di wilayah perbatasan Laut Kuning.

Latihan serupa digelar Korut pada 31 Maret lalu di wilayah yang sama. Namun, ketika itu sejumlah tembakan jatuh di bagian selatan perbatasan dekat Pulau Baengnyeong dan Pulau Yeonpyeong. Militer Korsel kemudian balas menembak sehingga kedua negara tetangga itu saling melepaskan ratusan peluru artileri.

Setelah perang saudara pada 1950-1953, Korsel dan Korut beberapa kali terlibat bentrokan di perairan perbatasan pada 1999, 2002, dan 2009.

Pada November 2010, Korut membombardir Pulau Yeonpyeong di Korsel sehingga menewaskan empat orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com