Kompas.com - 25/04/2014, 19:28 WIB
EditorEgidius Patnistik
RIGA, KOMPAS.COM — Latvia, Jumat (25/4/2014), menyambut tentara Amerika di wilayahnya, yang merupakan bagian dari 600 pasukan AS yang dikirim ke wilayah tersebut untuk menenteramkan negara-negara Baltik di tengah kekhawatiran atas tindakan Rusia di Ukraina.

"Hari ini merupakan hari istimewa karena pagi ini saya bertemu dengan kepala angkatan bersenjata di pangkalan militer Adazi dan menyambut unit militer AS yang tiba pagi ini bagi pelatihan militer," kata Perdana Menteri Latvia, Laimdota Straujuma, kepada wartawan.

Sebanyak 150 tentara dari Brigade Airborne ke-173 akan berbasis pangkalan militer Adazi dekat ibu kota Riga sampai setidaknya akhir tahun ini, kata kementerian pertahanan Latvia.

Sejumlah tentara AS lain tiba di Polandia pada Rabu, sementara 150 orang lainnya diharapkan tiba di Lithuania pada Sabtu dan di Estonia awal minggu depan.

Washington pada hari Selasa mengatakan, pihaknya telah mengirimkan 600 tentara ke kawasan tersebut demi meningkatkan kehadirannya di kawasan itu dan meyakinkan sekutu dan mitra NATO-nya.

Perdana Menteri Estonia Taavi Roivas, yang sedang mengunjungi Latvia pada hari Kamis menyambut langkah itu. Ia mengatakan, "Kami kuat jika bersama-sama. Saya senang bahwa hari ini sekutu kami tiba di sini di tanah Latvia dan ini menunjukkan bahwa aliansi NATO ada bagi kami," katanya setelah pembicaraan dengan Straujuma.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.