Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara AS Tiba di Latvia Saat Krisis Ukraina Meningkat

Kompas.com - 25/04/2014, 19:28 WIB
RIGA, KOMPAS.COM — Latvia, Jumat (25/4/2014), menyambut tentara Amerika di wilayahnya, yang merupakan bagian dari 600 pasukan AS yang dikirim ke wilayah tersebut untuk menenteramkan negara-negara Baltik di tengah kekhawatiran atas tindakan Rusia di Ukraina.

"Hari ini merupakan hari istimewa karena pagi ini saya bertemu dengan kepala angkatan bersenjata di pangkalan militer Adazi dan menyambut unit militer AS yang tiba pagi ini bagi pelatihan militer," kata Perdana Menteri Latvia, Laimdota Straujuma, kepada wartawan.

Sebanyak 150 tentara dari Brigade Airborne ke-173 akan berbasis pangkalan militer Adazi dekat ibu kota Riga sampai setidaknya akhir tahun ini, kata kementerian pertahanan Latvia.

Sejumlah tentara AS lain tiba di Polandia pada Rabu, sementara 150 orang lainnya diharapkan tiba di Lithuania pada Sabtu dan di Estonia awal minggu depan.

Washington pada hari Selasa mengatakan, pihaknya telah mengirimkan 600 tentara ke kawasan tersebut demi meningkatkan kehadirannya di kawasan itu dan meyakinkan sekutu dan mitra NATO-nya.

Perdana Menteri Estonia Taavi Roivas, yang sedang mengunjungi Latvia pada hari Kamis menyambut langkah itu. Ia mengatakan, "Kami kuat jika bersama-sama. Saya senang bahwa hari ini sekutu kami tiba di sini di tanah Latvia dan ini menunjukkan bahwa aliansi NATO ada bagi kami," katanya setelah pembicaraan dengan Straujuma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com