Kompas.com - 25/04/2014, 17:19 WIB
EditorEgidius Patnistik
KIEV, KOMPAS.COM — Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yatsenyuk, Jumat (25/4/2014), menuduh Rusia ingin memulai "perang dunia ketiga" dengan menyerang negaranya. Karena itu,  Yatsenyuk meminta bantuan internasional untuk melawan "agresi Rusia".

"Upaya agresif militer Rusia di Ukraina akan menimbulkan konflik di Eropa," katanya dalam sidang kabinet yang disiarkan televisi. "Dunia tidak melupakan Perang Dunia Kedua dan Rusia ingin memulai perang dunia ketiga," katanya. "Dukungan Rusia terhadap para teroris di Ukraina merupakan kejahatan internasional dan kami menyerukan kepada masyarakat internasional untuk bersatu melawan agresi Rusia."

Pemerintah Kiev yang didukung Barat berkeyakinan Moskwa sedang memicu pemberontakan separatis di Ukraina timur.

Rusia pada Kamis mengumumkan, pihaknya meluncurkan latihan militer baru di perbatasan dengan Ukraina dalam menanggapi sebuah operasi "anti-teroris" Kiev yang bertujaun untuk melawan para pemberontak pro-Kremlin.

Menurut NATO, sekitar 40.000 tentara Rusia telah berkumpul di perbatasan. NATO juga mengatakan bahwa pasukan itu tampaknya berada dalam kondisi siap menyerang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.