Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Kirim Tim ke Perancis untuk Belajar Bikin Keju

Kompas.com - 23/04/2014, 20:18 WIB
PYONGYANG, KOMPAS.com — Sebuah pabrik keju di wilayah timur Perancis tampaknya sangat jauh dan tak berpengaruh bagi rezim Korea Utara. Namun, sang pemimpin Kim Jong Un, ternyata punya pemikiran lain.

Kesal dengan kegagalan negerinya memproduksi keju berkualitas, Kim Jong Un dikabarkan mengirim satu tim pakar makanan ke kota Besancon, Perancis, untuk berlatih membuat berbagai produk berbasis susu.

Kelompok pakar yang terdiri atas tiga orang itu akan menghabiskan waktu beberapa bulan di Pusat Pendidikan Industri Susu Nasional (ENIL).

Ironisnya, selama beberapa bulan itu, para pakar tersebut hanya akan mempelajari cara memproduksi satu jenis keju yaitu keju emmental yang berasal dari Swiss, yang kebetulan adalah keju kesukaan Kim Jong Un. Keju ini kabarnya adalah camilan favorit Kim Jong Un, sejak dia menimba ilmu di Swiss.

Tujuan lain dari pengiriman para pakar itu ke Perancis dalam langkah yang disebut Korea Utara sebagai "diplomasi keju" itu adalah untuk meningkatkan standar mutu susu di Pyongyang yang selama ini gagal memproduksi keju terbaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com