Kompas.com - 23/04/2014, 17:28 WIB
EditorErvan Hardoko
DAMASKUS, KOMPAS.com - Seorang anggota parlemen Suriah mendaftarkan diri untuk bertarung dalam pemilihan presiden yang akan digelar pada 3 Juni mendatang, yang kemungkinan besar akan dimenangkan kembali oleh Bashar al-Assad.

"Kami mendapatkan informasi dari mahkamah konstitusi tinggi bahwa anggota parlemen Maher Abdel Hafiz Hajjar telah mendaftarkan diri sebagai kandidat presiden Republik Arab Suriah," kata juru vicara parlemen Mohammad Lahham, seperti dikutip televisi pemerintah Suriah, Rabu (23/4/2014).

Hajjar, seorang anggota parlemen independen, lahir di Aleppo pada 1968. Hajjar mendaftarkan diri dua hari setelah Lahham mengumumkan jadwal pemilihan presiden yang akan digelar pada 3 Juni mendatang.

Bashar al-Assad, menjadi presiden Suriah sejak ayahnya, Hafez al-Assad meninggal dunia pada 2000. Masa jabatan Assad sebagai presiden akan habis pada 17 Juli mendatang.

Banyak kalangan memprediksi, Assad akan kembali mencalonkan diri dan akan dengan mudah memenangkan kembali kursi presiden untuk masa jabatan tujuh tahun berikutnya.

Ini akan menjadi pemilihan presiden Suriah yang pertama. Sebelumnya, negeri itu hanya menggelar referendum untuk satu kandidat. Namun, setelah diamandemen sistem referendum itu diganti dengan sistem pemilihan langsung.

Menurut syarat-syarat yang telah ditetapkan, barang siapa ingin mencalonkan diri maka dia orang itu setidaknya sudah tinggal di Suriah selama 10 tahun. Aturan ini mencegah tokoh-tokoh kunci di pengasilan di luar negeri ikut dalam pemilihan presiden.

Namun, keputusan tetap melangsungkan pemilihan umum di tengah konflik yang masih berkecamuk ini mendapat kecaman dari kelompok oposisi, PBB dan Liga Arab.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.