Kompas.com - 22/04/2014, 20:03 WIB
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Swedia bakal royal membeli senjata dan mesin perang untuk pertahanan hingga 2024 mendatang. Rupanya, pemicu hasrat itu adalah gara-gara krisis di Ukraina dan perkembangan di Rusia yang menurut Stockholm tak bisa dipetakan tulis AFP pada Selasa (22/4/2014).

Pemerintah berhaluan kanan Swedia mengatakan bakal menempatkan duit hingga 5,5 miliar kronor atau setara dengan 604 juta euro atau 835 juta dollar AS secara bertahap sampai dengan 2024. Untuk tahun ini, anggaran pertahanan Swedia mencapai 4,7 miliar kronor.

Pemerintah Swedia lebih lanjut mengatakan berangkat dari kedua alasan di atas, fokus pertahanan Swedia akan berada di Laut Baltik. "Kami juga akan membenahi pertahanan di Pulau Gotland, wilayah Swedia di Laut Baltik," kata pernyataan pemerintah.

Swedia sampai sekarang memang bukan anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Saat ini, negara berpenduduk sekitar 10 juta jiwa itu memang sudah masuk Uni Eropa.

Termutakhir, Swedia yang berbatasan dengan Norwegia di barat dan Finlandia di timur laut itu berkeinginan menambah jumlah pesawat tempur Jas 39 E menjadi 70 dari 60 unit saat ini. Negara monarki konstitusional ini juga menambah jumlah dua lagi kapal selamnya menjadi lima unit. Swedia juga memperbarui beberapa kapal-kapal perangnya.

Swedia, menurut hemat pemerintah, juga akan memangkas kerja samanya dengan Rusia di bidang lingkungan hidup dan energi. "Rusia mencaplok negara berdaulat," begitu pernyataan pemerintah. 

KOMPAS/MAWAR KUSUMA WULAN Kota Stockholm, Swedia, yang nyaman bagi pejalan kaki.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.