Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/04/2014, 19:34 WIB
EditorErvan Hardoko
HARARE, KOMPAS.com - Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe mengatakan karena kondisi negara yang sulit maka dia memutuskan menerima gaji "hanya" 4.000 dolar AS atau hampir Rp 50 juta sebulan.

"Saat ini gaji saya hanya 4.000 dolar AS karena negara sedang kesuliutan. Inilah yang kami putuskan dan kita semua harus memahami kondisi sulit ini," kata Mugabe dalam wawancaranya dengan BBC akhir pekan lalu.

Meski gaji Mugabe bisa jadi terbilang kecil untuk seorang kepala negara, namun gaji yang dinikmati pemimpin Zimbabwe itu jauh di atas penghasilan rata-rata rakyat negeri bekas jajahan Inggris tersebut.

Gaji rata-rata rakyat Zimbabwe adalah 300 dolar AS atau sekitar Rp 3 juta sebulan. Namun, angka pengangguran di negeri berpenduduk 13 juta jiwa itu mencapai 80 persen dan sebagian besar rakyatnya hidup dalam kondisi sangat miskin.

Sayangnya, laporan itu tidak menjelaskan seberapa banyak penghasilan presiden berusia 90 tahun itu di luar gaji bulanannya. Apalagi, Mugabe dikenal sangat suka pakaian mahal dan jam tangan mewah.

Mugabe diketahui memiliki sejumlah bisnis antara lain bisnis pertanian. Dia juga diketahui membangun sebuah rumah peristirahatan mewah di pinggiran ibu kota Harare yang kabarnya menghabiskan biaya 10 juta dolar AS.

Bulan lalu, seorang pemimpin veteran memberi hadiah bernilai 100.000 dolar AS dalam pesta pernikahan putri Mugabe yang digelar di rumah peristirahatan itu dan dihadiri 4.000 tamu.

Bulan lalu juga, pemerintah Zimbabwe memberlakukan pembatasan gaji sebesar 6.000 dolar AS untuk para eksekutif yang bekerja di perusahaan negara menyusul kabar bahwa sejumlah eksekutif itu dibayar terlalu mahal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.