Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara Kesulitan, Presiden Mugabe Hanya Terima Gaji Rp 50 Juta

Kompas.com - 22/04/2014, 19:34 WIB
HARARE, KOMPAS.com - Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe mengatakan karena kondisi negara yang sulit maka dia memutuskan menerima gaji "hanya" 4.000 dolar AS atau hampir Rp 50 juta sebulan.

"Saat ini gaji saya hanya 4.000 dolar AS karena negara sedang kesuliutan. Inilah yang kami putuskan dan kita semua harus memahami kondisi sulit ini," kata Mugabe dalam wawancaranya dengan BBC akhir pekan lalu.

Meski gaji Mugabe bisa jadi terbilang kecil untuk seorang kepala negara, namun gaji yang dinikmati pemimpin Zimbabwe itu jauh di atas penghasilan rata-rata rakyat negeri bekas jajahan Inggris tersebut.

Gaji rata-rata rakyat Zimbabwe adalah 300 dolar AS atau sekitar Rp 3 juta sebulan. Namun, angka pengangguran di negeri berpenduduk 13 juta jiwa itu mencapai 80 persen dan sebagian besar rakyatnya hidup dalam kondisi sangat miskin.

Sayangnya, laporan itu tidak menjelaskan seberapa banyak penghasilan presiden berusia 90 tahun itu di luar gaji bulanannya. Apalagi, Mugabe dikenal sangat suka pakaian mahal dan jam tangan mewah.

Mugabe diketahui memiliki sejumlah bisnis antara lain bisnis pertanian. Dia juga diketahui membangun sebuah rumah peristirahatan mewah di pinggiran ibu kota Harare yang kabarnya menghabiskan biaya 10 juta dolar AS.

Bulan lalu, seorang pemimpin veteran memberi hadiah bernilai 100.000 dolar AS dalam pesta pernikahan putri Mugabe yang digelar di rumah peristirahatan itu dan dihadiri 4.000 tamu.

Bulan lalu juga, pemerintah Zimbabwe memberlakukan pembatasan gaji sebesar 6.000 dolar AS untuk para eksekutif yang bekerja di perusahaan negara menyusul kabar bahwa sejumlah eksekutif itu dibayar terlalu mahal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com