Kompas.com - 22/04/2014, 19:01 WIB
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) menawarkan paket baru bantuan reformasi ekonomi dan politik senilai 50 juta dollar AS. Gedung Putih mengatakan hal itu pada Selasa (22/4/2014) selama kunjungan Wakil Presiden AS Joe Biden ke Kiev.  AS, menurut Gedung Putih, juga masih menawarkan dana bantuan tambahan 8 juta dollar AS untuk bantuan militer bukan senjata, termasuk radio dan kendaraan.

Sebelumnya, sudah ada penandatanganan bantuan 1 juta dollar AS di Washington. Bantuan itu, menurut hemat AS, sudah menunjukkan kalau otoritas anyar di Ukraina berupaya menghapus pengaruh Kremlin. Keputusan itu juga bakal melanjutkan silang-selisih dengan Rusia. "AS menjamin Ukraina bebas dari desakan dan tekanan negara-negara luar,"kata pernyataan Gedung Putih sebagaimana warta AP.

Washington pun masih menyatakan kesiapan untuk memberi bantuan dalam pemilihan presiden (pilpres) Ukraiana pada 25 Mei 2014. Dana untuk pilpres tersebut besarnya 11,4 juta dollar AS. Duit itu berasal dari bagian paket bantuan terbaru 50 juta dollar AS tadi. "AS akan membantu mengurangi ketergantungan gas Ukraina dari Rusia dan memerangi korupsi," demikian pernyataan Gedung Putih.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.