Kompas.com - 22/04/2014, 15:58 WIB
EditorErvan Hardoko
TOKYO, KOMPAS.com — Otoritas bandara di Jepang, Selasa (22/4/2014), melakukan penggantian kode keamanan bandara sehari sebelum Presiden Barack Obama tiba di negeri itu.

Perubahan kode keamanan itu dilakukan setelah seorang petugas maskapai penerbangan menghilangkan sebuah catatan berisi detail kode-kode keamanan di bandara itu.

Kabar ini muncul ketika keamanan di ibu kota Jepang, Tokyo, meningkat secara dramatis dengan 16.000 personel kepolisian dikerahkan untuk mengamankan kunjungan kenegaraan perdana Presiden AS ke Jepang selama dua dekade terakhir.

Di tengah kesibukan itu, seorang pegawai maskapai Skymark Airlines di Bandara Haneda, Tokyo, yang sibuk, kehilangan selembar kertas berisi kode-kode keamanan bandara pada Minggu siang. Demikian penjelasan kementerian transportasi Jepang.

Catatan itu kemudian ditemukan di lantai lobi keberangkatan sekitar setengah jam setelah dilaporkan hilang.

Kementerian Transportasi kemudian memerintahkan perusahaan yang mengelola bandara untuk segera mengganti kode keamanannya demi menghindari bahaya yang mungkin terjadi.

Sementara itu, di pusat kota Tokyo, keberadaan polisi semakin mudah ditemukan. Polisi berpatroli di jalan-jalan utama dan menjaga kawasan-kawasan publik.

Media setempat mengatakan, sepertiga dari seluruh personel Kepolisian Tokyo dikerahkan untuk mengamankan kunjungan dua hari Obama yang akan dimulai pada Rabu (23/4/2014).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.