Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 10 Bulan Diculik, 4 Wartawan Perancis Dibebaskan

Kompas.com - 20/04/2014, 03:45 WIB
PARIS, KOMPAS.com - Setelah 10 bulan disandera di Suriah, pada Sabtu (19/4/2014), empat wartawan Perancis dibebaskan para penculiknya.

Presiden Perancis mengumumkan pembebasan Edouard Elias, Didier Francois, Nicolas Henin dan Pierre Torres. Holande mengatakan kondisi keempat wartawan itu sangat baik meski mereka mendapat perlakukan kerasa selama disandera.

Pasukan Turki menemukan keempat wartawan itu ditinggalkan begitu saja di dekat perbatasan Suriah-Turki, Jumat malam. Kantor berita Turki, Dogan mengabarkan, keempat orang itu ditemukan dalan keadaan tangan terikat dan mata tertutup.

Gambar keempat wartawan itu sempat ditayangkan stasiun televisi Turki. Mereka terlihat sangat lelah, dengan janggut lebat dan rambut panjang namun dalam kondisi kesehatan yang baik.

"Saya sangat senang bisa bebas. Kami berterima kasih kepada pemerintah Turki yang telah menolong kami. Sangat senang bisa melihat langit, berjalan dan berbicara dengan bebas," kata Didier Francois (53).

Awalnya, tentara Turki mengira mereka sebagai anggota kelompok penyelundup. Mereka lalu membawa keempat jurnalis itu ke kantor polisi di kota Akcakle. Di sana mereka baru mengetahui keempat orang itu adalah warga negara Perancis.

Keempat wartawan itu diculik dalam dua insiden terpisah pada Juni tahun lalu saat mereka tengah meliput konflik bersenjata Suriah.

Francois, seorang wartawan perang berpengalaman dari radio Europe 1 dan fotografer Edouard Elias (23), dibawa para penculiknya ke kota Aleppo pada 6 Juni.

Sementara itu, Nicolas Henin (37), wartawan majalah Point dan fotografer lepas Pierre Torres (29), diculik dua pekan setelah penculikan pertama. Keduanya diculik di kota Raqqa, wilayah utara Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com