Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin: Ukraina di Ambang Perang Saudara

Kompas.com - 16/04/2014, 10:55 WIB
MOSKOWA, KOMPAS.COM - Presiden Rusia Valdimir Putin mengatakan eskalasi tajam konflik di Ukraina timur menempatkan negara tersebut di ambang perang saudara.

Sebuah pernyataan dari Kremlin mengatakan Putin menyampaikan peringatan tersebut dalam panggilan telepon dengan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Kedua pemimpin menekankan pentingnya rencana perundingan mengenai Ukraina di Jenewa pada hari Kamis (19/04) antara Rusia, Ukraina, Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Seorang juru bicara untuk Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan pihak berwenang Ukraina memiliki tanggung jawab untuk menegakkan hukum dan memelihara ketertiban di seluruh Ukraina.

Kelompok pro-Rusia

Sementara itu, Presiden Ukraina Olexander Turchynov mengatakan pasukan Ukraina telah kembali menguasai lapangan terbang militer di Kramatorsk di Ukraina timur, setelah bertempur melawan kelompok bersenjata pro-Rusia.

Pangkalan tersebut berada selatan dari Sloviansk yang merupakan satu dari 10 kota di Ukraina timur dimana gedung pemerintahan diduduki oleh kelompok pro-Rusia.

Sekitar 100 orang yang diyakini merupakan aktivis pro-Rusia berada di luar pangkalan udara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com