Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dianggap Titisan Dewa, Kembar Siam India Ini Enggan Dipisahkan

Kompas.com - 11/04/2014, 20:31 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.com -- Shivanath dan Shivram Sahu dilahirkan sebagai bayi kembar siam 12 tahun lalu. Namun, warga desa kecil di dekat Raipur, India tengah, melihat bayi kembar siam di pinggang itu sebagai titisan dewa.

Bahkan saat seorang dokter datang dan mengatakan dia bisa memisahkan kedua anak itu, kembar yang memiliki dua kaki dan empat tangan itu menolak untuk dipisahkan.

"Kami tak ingin dipisahkan. Kami ingin tetap seperti ini hingga kami tua nanti. Kami ingin hidup apa adanya," kata Shivram.

Meski Shivram dan Shivanath harus berbagi kaki dan melakukan semua kegiatan mereka berdua, mereka bisa melakukan kegiatan sehari-hari, seperti mencuci, memakai pakaian, dan kegiatan lain layaknya manusia normal.

Keduanya diyakini hanya memiliki satu perut, tetapi memiliki paru, jantung, dan otak yang terpisah.

"Kami sudah berlatih untuk melakukan semuanya sendiri. Kami mengendarai sepeda ke sekolah dan tak ada masalah saat bermain kriket," kata Shivanath yang tampaknya menjadi anak yang lebih lemah dari kembar siam ini.

Tak hanya mampu mengerjakan kegiatan fisik nyaris tanpa halangan, keduanya juga memiliki otak yang encer. Shivanath dan Shivram berada di jajaran murid-murid terpandai di sekolahnya. Hal itu sangat membanggakan ayah si kembar, Raj Kumar (45).

Raj Kumar yang bekerja sebagai seorang buruh menikahi istrinya Srimati dan memiliki lima anak perempuan. Raj sangat protektif terhadap anak kembarnya ini dan melarang mereka meninggalkan desa.

"Orang lain mungkin senang melihat anak-anak saya itu. Namun, hanya sayalah yang memahami masalah yang mereka hadapi," kata Raj Kumar.

Saat hujan tiba, lanjut Raj, sangat sulit bagi kedua anak itu berjalan. Dan saat duduk, salah satu dari mereka harus berbaring.

"Namun, mereka tak pernah bertengkar. Mereka memiliki pendapat yang sama. Jika salah satu ingin bermain maka yang lain setuju," lanjut dia.

Lebih jauh Raj mengatakan, dia tidak akan mengizinkan dokter memisahkan kedua anak itu, meski dia memiliki cukup uang untuk membiayai sebuah pembedahan.

"Tuhan menciptakan mereka seperti ini. Jadi mereka akan tetap seperti ini dan saya tak ingin hal lainnya," lanjut Raj.

"Bahkan jika dokter mengatakan bisa memisahkan mereka, saya tak akan membiarkannya. Saya yang akan memelihara mereka dan saya tak membutuhkan bantuan," Raj menegaskan.

Foto Shivram dan Shivanath sudah diperlihatkan ke Dr Krishnan Chugh, kepala kedokteran anak di Fortis Memorial Research Institute, di Gurgaon, dekat New Delhi. Dr Chugh yakin bahwa pemisahan kembar siap ini sangat dimungkinkan, tetapi dengan konsekuensi drastis untuk Shivanath.

Halaman:
Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com