Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Ancam Terapkan Sanksi Baru terhadap Rusia

Kompas.com - 11/04/2014, 09:30 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.COM -- Presiden AS Barack Obama mengatakan kepada Kanselir Jerman Angela Merkel pada Kamis (10/4/2014) bahwa Amerika Serikat dan sekutunya harus mempersiapkan sanksi baru terhadap Rusia jika Negari Tirai Besi itu meningkatkan krisis atas Ukraina.

"Presiden menekankan perlunya Amerika Serikat, Uni Eropa, dan para mitra global lainnya bersiap untuk menanggapi eskalasi lanjutan Rusia dengan menerapkan sanksi tambahan," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan terkait pembicaraan telepon antara Obama dan Merkel.

Kaum separatis pro-Rusia di Ukraina timur mengatakan, "tampaknya dengan dukungan Moskwa, melanjutkan sebuah kampanye hasutan dan sabotase untuk merusak dan menggoyahkan Ukraina," tambah pernyataan tersebut. "Para pemimpin sekali lagi menyerukan kepada Rusia untuk memindahkan pasukannya dari wilayah perbatasan."

Kamis pagi kemarin dalam pertemuan Bank Dunia/IMF di Washington, Menteri Keuangan AS Jacob Lew juga menyampaikan peringatan yang sama kepada rekan dari Rusia-nya, Menteri Keuangan Anton Siluanov.

Ukraina sedang menghadapi krisis baru setelah kehilangan Crimea yang bergabung ke Rusia, dan hubungan antara Moskwa dan Barat telah mencapai posisi terendah baru pasca-Perang Dingin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com