Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Ukraina Tawarkan Amnesti untuk Aktivis Pro-Rusia

Kompas.com - 10/04/2014, 15:51 WIB
KIEV, KOMPAS.com - Penjabat presiden Ukraina Oleksandr Turchynov, Kamis (10/4/2014), menjanjikan tidak akan menjatuhkan hukumn kepada aktivis pro-Rusia yang menduduki sejumlah gedung pemerintahan jika mereka meletakkan senjata dan mengakhiri pendudukan.

"Jika mereka meletakkan senjata dan meninggalkan gedung-gedung pemerintahan, kami jamin kami tidak akan mengajukan tuntutan hukum terhadap mereka. Dan saya siap menjaminnya lewat dekrit presiden," kata Turchynov di depan parlemen.

Tekanan terhadap pemerintahan interim Ukraina semakin tinggi setelah para aktivis pro-Kremlin menduduki sejumlah gedung pemerintah dan menyatakan kemerdekaan sejumlah kota di wilayah timur negeri itu.

Padahal, pemerintah tengah menghadapi masalah lain yaitu naiknya pembayaran gas hingga 80 persen setelah Rusia menghentikan diskon harga yang selama ini dinikmati Ukraina.

Kebuntuan baru kini terjadi di sekitar gedung pemerintahan di kota industri Donetsk dan markas kepolisian di kota Lugansk di wilayah paling timur Ukraina.

Para aktivis kota Donetsk, sebelumnya telah menyatakan Donetsk sebagai sebuah republik berdaulat sementara rekan-rekan mereka di kota Luganks menerobos ke kantor kepolisian merampas berbagai jenis senjata api dari sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com