Kompas.com - 08/04/2014, 20:28 WIB
EditorErvan Hardoko
VATICAN CITY, KOMPAS.com - Paus Fransiskus menurut rencana akan membasuh kaki 12 orang penyandang disabilitas dan orang tua dalam misa Kamis Putih pekan depan saat mengunjungi sebuah rumah jompo di Roma. Demikian pernyataan Vatikan, Selasa (8/4/2014).

Paus berencana berkunjung ke rumah perawatan kaum jompo dan penyandang disabilitas Centro Santa Maria della Provindeza Fondazione Don Carlo Gnocchi di pinggiran kota Roma.

Perayaan Kamis Putih digelar untuk mengenang perjamuan terakhir Yesus bersama ke-12 muridnya. Dalam perjamuan terakhir itu, Yesus membasuh kaki ke-12 muridnya sebagai perlambang pelayanan dan kerendahan hati.

Tahun lalu, dalam perayaan Kamis Putih, Paus Fransiskus memilih mengunjungi penjara anak-anak dan di sana dia membasuh kaki 12 tahanan anak-anak dan dua di antaranya adalah tahanan beragama Islam.

Paus Fransiskus adalah pemimpin Gereja Katolik pertama yang membasuh kaki para tahanan termasuk yang beragama non-Katolik dalam perayaan Kamis Putih.

Tahun ini, dengan memilih untuk membasuh kaki para penyandang disabilitas dan orang tua, Paus Fransiskus ingin menunjukkan perhatiannya kepada para penyandang disabilitas dan orang lanjut usia yang di masyarakat moderen semakin terpinggirkan.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.