Kompas.com - 08/04/2014, 10:40 WIB
EditorEgidius Patnistik
KAIRO, KOMPAS.COM — Pengadilan di Mesir menghukum empat pria dengan tiga sampai delapan tahun penjara karena melakukan tindak homoseksual. Jaksa penuntut menuduh pria itu melakukan "pesta yang menyimpang" dengan memakai baju wanita dan berdandan.

Tiga pria dihukum delapan tahun penjara dan yang keempat harus mendekam selama tiga tahun.

Jaksa menggunakan hukum yang berisi larangan tindakan asusila untuk mengadili homokseksual sebelumnya. Mereka yang dituduh melakukan tindak homoseksual dipaksa melakukan tes medis untuk membuktikan bahwa mereka adalah gay.

Para pegiat hak asasi mengatakan praktik itu merupakan penyalahgunaan hukum.

Kelompok HAM di Mesir mengatakan, hukuman berat itu merupakan bagian dari upaya pemerintah menekan kebebasan berekspresi.

Pada tahun 2011, pengadilan atas 52 orang yang dituduh homoseksual memicu kecaman internasional dan kelompok hak asasi. Setengah dari 52 orang yang dituduh itu dihukum lima tahun penjara, sementara selebihnya dibebaskan.

Homoseksualitas tidak diterima di Timur Tengah dan sebagian besar Afrika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.