Kompas.com - 05/04/2014, 17:04 WIB
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Bos perusahaan negara gas Rusia Gazprom, Alexei Miller minta Ukraina membayar seluruh ongkos diskon pembelian gas. Catatan seturut warta AFP pada Sabtu (5/4/2014) menunjukkan kalau utang diskon itu besarnya 11,4 juta dollar AS. "Itu total utang diskon selama empat tahun," kata Miller di Moskwa.

Menurut Miller, perjanjian diskon itu termaktub dalam kesepakatan hukum Kharkiv. Di situ tertulis kalau Ukraina mendapat diskon pembelian gas sampai dengan 2017. Pasalnya, penyaluran gas dari Rusia melalui Crimea. Kala itu, Crimea menjadi republik otonomi milik Ukraina.

Tensi antara kedua negara meninggi setelah Rusia dituding menganeksasi Crimea bulan lalu. Andai dihitung, tanpa adanya diskon, harga penjualan gas Rusia ke Ukraina naik 80 persen menjadi 485,50 dollar per seribu meter kubik sejak pekan lalu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.