Kompas.com - 04/04/2014, 19:43 WIB
EditorErvan Hardoko
PARIS, KOMPAS.com -- Pemerintah Perancis, Jumat (4/4/2014), selama dua jam mengarantina sebuah pesawat milik maskapai Air France yang baru saja tiba dari Guinea, negeri Afrika Barat yang dilanda wabah ebola.

Pesawat yang terbang dari ibu kota Guinea, Conakry, itu mendarat di bandara internasional Charles De Gaulle, Paris, pada pukul 05.28 waktu setempat mengangkut 187 orang penumpang dan 11 awak.

Tak lama setelah mendarat, petugas kesehatan langsung melakukan pemeriksaan gejala demam terhadap seluruh penumpang dan awak, setelah temuan toilet yang kotor memicu kekhawatiran seorang penumpang telah terinfeksi virus mematikan itu.

"Seluruh tes menunjukkan tak ada yang terkena gejala ebola," kata seorang juru bicara Air France.

Ebola bisa ditularkan ke manusia dari hewan liar atau dari manusia ke manusia melalui kontak langsung melalui darah, kotoran, atau keringat.

Hubungan seksual atau penanganan jasad penderita ebola tanpa perlindungan juga bisa menjadi penyebab infeksi mematikan ini.

Di Guinea, otorita kesehatan negeri itu melaporkan telah terjadi 134 kasus terduga ebola sejak awal tahun ini, yang mana 86 orang di antaranya meninggal dunia.

Liberia, tetangga Guinea, juga melaporkan adanya kasus serupa. Sementara Pemerintah Mali menemukan tiga pasien yang diduga terjangkit ebola.

Perancis sudah melakukan langkah-langkah untuk mencegah penyebaran penyakit itu. Apalagi, Perancis yang memiliki banyak bekas jajahan di Afrika Barat merupakan "terminal" bagi banyak penerbangan dari kawasan yang kini diserbu wabah ebola itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.