Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Warga Asing Diculik di Sabah, Malaysia

Kompas.com - 03/04/2014, 14:10 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.COM — Kepolisian Malaysia memburu orang-orang bersenjata yang diduga menculik seorang turis China dan seorang karyawan sebuah resor negara bagian Sabah.

Aksi orang-orang bersenjata itu terjadi pada Rabu (2/4/2014) malam. Hingga kini pihak berwenang masih melakukan pencarian, tetapi belum berhasil menemukan para pelaku yang berjumlah enam orang.

Setelah melancarkan aksi, mereka melarikan diri dengan perahu cepat yang digunakan ketika tiba. Korban dilaporkan seorang perempuan berusia 28 tahun dari Shanghai, sedangkan karyawan hotel diduga berkewarganegaraan Filipina.

Resor yang terletak di kawasan Semporna, Sabah, ini populer di kalangan turis China.

Penculikan ini merupakan salah satu dari serangkaian penculikan yang terjadi tahun lalu, termasuk dua kasus yang terjadi April dan November.

Selain itu, seorang wisatawan perempuan Taiwan juga diculik November lalu dari Pulau Pom-Pom dan suaminya ditembak mati di lokasi. Perempuan tersebut akhirnya dibebaskan satu bulan kemudian di Filipina.

Tahun lalu kelompok militan Sulu menyerbu Lahad Datu, Sabah, dan mengklaim wilayah itu sebagai milik Kesultanan Sulu. Pihak berwenang Malaysia melancarkan operasi besar-besaran untuk menumpas kelompok bersenjata Filipina itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com