Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 8 Skala Richter Guncang Cile dan Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 02/04/2014, 07:46 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

SANTIAGO, KOMPAS.com — Gempa berkekuatan 8 skala Richter mengguncang lepas pantai pasifik Cile, Selasa (1/4/2014) waktu setempat atau Rabu (2/4/2014) WIB. Peringatan tsunami diumumkan untuk Cile, Peru, dan Ekuador.

Gempa terjadi pada Selasa pukul 20.46 waktu setempat atau Rabu pukul 06.46 WIB. Pusat gempa berkedalaman 10 kilometer, berjarak 83 kilometer dari Iquique di pantai utara Cile. Data pusat gempa bersumber dari Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang berpusat di Hawai mengeluarkan peringatan tsunami menyusul gempa ini. Peringatan juga datang dari Pemerintah Cile. Namun, Pemerintah Cile menyebutkan, kekuatan gempa adalah 7,9 skala Richter.

Cile merupakan salah satu negara di dunia dengan ancaman gempa paling aktif. Pada Februari 2010, gempa berkekuatan 8,8 skala Richter mengguncang kawasan tengah dan selatan Cile.

Saat itu tsunami juga terjadi, menerjang dan menghancurkan puluhan kota, menewaskan lebih dari 500 orang dan merusak infrastruktur dengan total kerugian sekitar 30 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com