Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Desak Rusia Tarik Pasukan dari Perbatasan Ukraina

Kompas.com - 28/03/2014, 19:10 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama dalam sebuah wawancara yang ditayangkan stasiun televisi CBS, Jumat (28/3/2014), mendesak Rusia untuk menarik mundur pasukannya dari perbatasan Ukraina dan memulai negosiasi.

Saat diwawancarai CBS News, Obama mengatakan, keputusan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengerahkan pasukannya ke perbatasan kemungkinan adalah untuk mengintimidasi Ukraina atau Rusia yang memiliki rencana lain.

Meski estimasi jumlah pasukan Rusia yang dikerahkan bervariasi, Obama mengatakan, untuk menurunkan eskalasi situasi, Rusia harus menarik mundur pasukannya dan memulai negosiasi langsung dengan Ukraina.

Obama menambahkan, Putin tampaknya ingin menunjukkan kesedihannya atas apa yang disebutnya sebagai kekalahan Uni Soviet.

"Seharusnya Putin tidak mengulangi praktik-praktik yang, Anda tahu, lazim digunakan pada masa Perang Dingin," kata Obama.

"Saya kira terdapat rasa nasionalisme Rusia dan kecurigaan bahwa Barat akan mengambil keuntungan dari Rusia sehingga dia (Putin) ingin membalikkan keadaan," tambah Obama.

Putin, lanjut Obama, sejauh ini salah dalam memandang kebijakan Barat, dan Putin juga salah dalam membaca kebijakan Amerika Serikat.

"AS tak memiliki kepentingan untuk mengepung Rusia dan kami tak memiliki kepentingan di Ukraina selain membiarkan warga Ukraina menentukan sendiri jalan hidup mereka," Obama menegaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com