Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Italia Lelang Sejumlah Mobil Dinas Pemerintah

Kompas.com - 28/03/2014, 18:51 WIB

ROMA, KOMPAS.com — Perdana menteri baru Italia, Matteo Renzi, Jumat (28/3/2014), melelang mobil-mobil pemerintah yang tidak dipakai lagi sebagai upaya mengurangi pemborosan.

Renzi berjanji untuk menjual sekitar 150 unit mobil termasuk Alfa Romeo, Lancia, dan BMW guna menggalang dana dan melakukan penghematan.

Dalam beberapa jam setelah mobil-mobil dijual melalui situs lelang eBay, BMW yang dimiliki Kementerian Dalam Negeri terjual sebesar 18.000 dollar AS.

Sementara itu, Alfa Romeo 166 produksi 2007 berpindah tengan setelah dilepas dengan harga 8.500 dollar AS.

Sebelumnya, banyak warga Italia marah atas apa yang mereka anggap pemborosan seperti mobil-mobil dinas, sementara mereka dipaksa melakukan penghematan selama krisis.

Lelang dan penjualan 151 mobil itu diharapkan selesai pada tanggal 16 April. Pemerintah Italia berencana untuk menjual 25 mobil dari berbagai kementerian dalam satu minggu.

Pembatasan ketat terkait jumlah mobil dinas yang bisa dipakai akan diterapkan. Sejumlah perdana menteri sebelum Renzi mengurangi mobil dinas yang tidak dipakai ini hampir setengah menjadi 6.200 dalam empat tahun terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com