Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Separuh Rakyat AS Yakin Perang Dingin di Depan Mata

Kompas.com - 28/03/2014, 08:30 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.COM — Sebuah jajak pendapat Gallup yang dirilis pada Kamis (27/3/2014) menunjukkan, 50 persen dari orang-orang yang disurvei yakin bahwa Perang Dingin akan terjadi lagi, sementara 43 persen tidak setuju.
 
Jajak pendapat yang sama dilakukan tahun 1991, pada akhir masa Perang Dingin, hanya 25 persen orang yang ditanyai berpandangan Amerika dan Rusia akan kembali menghadapi Perang Dingin.
 
Orang Amerika yang lebih tua, yang pernah mengalami Perang Dingin, memperkirakan lebih mungkin terjadinya konflik baru. Sebanyak 64 persen dari mereka yang disurvei berusia 65 dan lebih tua, berpandangan seperti itu, dibandingkan dengan 36 persen dari orang-orang berusia antara 18-29 tahun. Sebagian besar dalam kelompok usia yang lebih muda belum lahir pada masa Perang Dingin.

Politik juga berperan dalam bagaimana orang menanggapi survei tersebut. Kurang separuh dari pendukung Partai Demokrat dan independen merasa Amerika kembali memasuki konflik negara-negara adidaya dibandingkan dengan lebih dari dua pertiga dari pendukung Partai Republik yang mengatakan hal serupa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com