Kompas.com - 26/03/2014, 18:58 WIB
EditorErvan Hardoko
VATICAN CITY, KOMPAS.com - Paus Fransiskus, dikabarkan telah menerima pengunduran diri Uskup Limburg Franz-Peter Terbatz-van Eltz (53). Demikian pernyataan resmi Vatikan (26/3/2014).

Uskup Limburg yang berada di bawah sorotan dan kecaman terkait gaya hidup mewahnya itu, sejak tahun lalu sudah dibebastugaskan dari tugas-tugas keimaman.

Sebelumnya, Uskup Limburg dikecam terkait proyek pembangunan kediaman resminya yang sangat mewah. Di kompleks kediamannya terdapat sebuah museum, ruang konferensi, sebuah kapel, dan apartemen pribadi.

Proyek pembangunan ini awalnya menghabiskan anggaran 7,5 juta dolar AS namun belakangan ongkos proyek membengkak hingga 31 juta euro karena penambahan pembanguan sebuah taman dan sebuah bak mandi.

Kemarahan umat Katolik Jerman memuncak karena seluruh proyek pembangunan itu berlangsung dengan menggunakan uang rakyat lewat apa yang disebut sebagai pajak agama.

Uskup Franz-Peter juga dikecam setelah dia berbohong soal perjalanannya kelas satunya ke India, padahal di negeri itu dia dijadwalkan untuk mengunjungi kawasan-kawasan kumuh negeri itu.

Saat itu, Franz-Peter mengatakan kepada wartawan majalah mingguan Der Spiegel bahwa dia terbang ke India menggunakan penerbangan kelas bisnis. Namun, pernyataan itu disangkalnya sendiri dalam sebuah kesaksiak yang dilakukan di bawah sumpah.

Celakanya, sang wartawan merekam seluruh pernyataannya terkait kunjungan ke India itu. Akibatnya sang uskup harus kehilangan 20.000 euro dalam persidangan yang digelar November lalu.

Skandal ini memicu seruan agar Gereja Katolik lebih transparan soal anggaran dan pembiayaan . Apalagi reformasi keuangan merupakan salah satu prioritas Paus Fransiskus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.