Kompas.com - 25/03/2014, 05:54 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan para pemimpin dunia lainnya, Senin (24/3/2014), memutuskan mengakhiri peran Rusia dalam kelompok negara-negara industri terkemuka, G-8.

Pernyataan dari Gedung Putih itu merupakan respons terbaru dari negara-negara sekutu atas aneksasi Crimea oleh Rusia. "Hukum internasional melarang akuisisi sebagian atau seluruh wilayah lain negara melalui paksaan atau kekerasan," imbuh pernyataan itu.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dalam kesempatan yang lebih awal mengatakan bahwa ditendang dari G-8 bukanlah masalah besar. "G-8 adalah organisasi informal yang tak memberikan kartu keanggotaan dan menurut definisi yang sama tak dapat menghapus siapa pun," kata dia, Senin.

"Semua pertanyaan ekonomi dan keuangan yang diputuskan dalam G-20, (adapun) tujuan pembentukan G-8 adalah menjadikannya sebagai forum dialog antara negara-negara Barat terkemuka dan Rusia," lanjut Lavrof.

Lavrov pun menambahkan bahwa Rusia tak melekat pada format tersebut. "Dan kami tak melihat ada sebuah kemalangan besar jika tak lagi ikut berkumpul di sana. Mungkin, selama satu atau dua tahun, (didepak dari G-8) itu akan menjadi cobaan bagi kami untuk melihat bagaimana kami hidup tanpa itu."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.