Kompas.com - 24/03/2014, 19:45 WIB
EditorErvan Hardoko
AMSTERDAM, KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama, Senin (24/3/2014), menegaskan kembali persatuan Barat dalam menekan Rusia terkait aneksasi Crimea. Pernyataan Obama disampaikan menjelang pertemuan darurat G-8 yang salah satu agendanya adalah mencoret Rusia dari keanggotaan kelompok elite itu.

"Eropa dan Amerika bersatu mendukung pemerintah dan rakyat Ukraina. Kami bersatu dalam menerapkan sanksi terhadap Rusia karena langkahnya sejauh ini," kata Obama di hadapan para wartawan di Rijksmuseum, Amsterdam.

Dari Amsterdam, Obama kemudian bertolak menuju Den Haag untuk menghadiri KTT G-7 untuk mendiskusikan langkah-langkah yang harus diambil untuk mengakhiri ketegangan Timur-Barat terburuk sejak akhir Perang Dingin.

Di Ukraina, pemerintah negeri itu sudah memerintahkan militernya bergegas mundur dari Crimea, setelah semenanjung itu dikuasai Rusia. Aneksasi Crimea, yang menurut Rusia adalah sebuah reunifikasi, memaksa Barat mempertimbangkan hubungan mereka dengan Moskwa.

Krisis di Ukriana ini tampaknya akan mendominasi KTT di Den Haag yang seharusnya membicarakan soal keamanan nuklir dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.