Kompas.com - 21/03/2014, 09:21 WIB
EditorEgidius Patnistik
SEVASTOPOL, KOMPAS.COM - Pasukan Rusia dan milisi pro-Moskwa mengambil alih tiga kapal perang Ukraina di Crimea, Kamis (20/3/2014), kata seorang pejabat angkatan laut Ukraina. Pengambilalihan tiga kapal itu dilakukan setelah militer Moskwa merebut semenanjung Laut Hitam dan menganeksasi wilayah tersebut.

Vladislav Seleznyov, seorang juru bicara militer Ukraina di Crimea, mengatakan pasukan Rusia menggunakan granat kejut ketika menyerbu korvet Ternopol di kota pelabuhan Sevastopol. "Kapal itu telah diambil," kata Seleznyov di halaman Facebook-nya, Kamis, setelah sebelumnya mengatakan, "Serangan telah dimulai".

Di Facebook, Seleznyov mengatakan milisi pro-Moskwa dan tentara Rusia mengepung daerah tersebut, sementara sebuah kapal dengan orang-orang bersenjata di atasnya mendekati Ternopol dan menyerbunya. "Granat kejut digunakan dalam serangan itu dan suara senjata otomatis terdengar," katanya.

Bendara nasional Rusia yang memiliki tiga warna dan bendera angkatan laut negara itu berkibar di dermaga Sevastopol di mana dua korvet angkatan laut Ukraina lainnya berlabuh. Hal itu menunjukkan bahwa kedua kapal itu telah dikuasai.

Tak ada bendera yang dipasang di buritan dua korvet itu, Lutsk dan Khmelnitsky, di mana simbol-simbol nasional biasanya akan terlihat. "Tampaknya Rusia telah menurunkan bendera kedua kapal itu," kata Seleznyov.

Menurut situs web Kementerian Pertahanan Ukraina, lebih dari 14.500 orang bertugas di Angkatan Laut negara itu dan sebagian besar dari mereka ditempatkan di Crimea.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.